jump to navigation

10. PROTOKOL JARINGAN

Protokol Jaringan

TCP/IP adalah sebuah sistem protokol (sekumpulan protokol yang mendukung komunikasi dalam jaringan/network). Lantas Apa itu protokol? Apa juga yang disebut network?
Networks dan Protocols

Network adalah sekumpulan komputer atau perangkat-perangkat yang mirip komputer yang bisa berkomunikasi satu sama lain melalui suatu media transmisi.

a-typical-local-network

Dalam sebuah network, request dan data dari satu komputer ke komputer lainnya akan dikirimkan melalui sebuah medium transmisi (bisa saja berupa kabel jaringan atau kabel telepon)

Protokol jaringan/network protocol, adalah sebuah sistem yang terdiri dari beberapa aturan untuk membantu mendefinisikan proses-proses yang komplek pada saat mentransfer data. Data-data berlalu lalang dari satu aplikasi pada satu komputer menyeberang melewati medium transmisi dan diterima oleh komputer tujuan untuk kemudian di proses oleh aplikasi penerima yang bersesuaian.

the-role-of-network-proto

TCP/IP dan protokol-protokol yang berkaitan membentuk sebuah sistem yang komplit yang mendefinisikan bagaimana seharusnya data-data di proses, dikirim, dan diterima dalam suatu jaringan TCP/IP. Sistem yang terdiri dari protokol-protokol yang saling berkaitan seperti TCP/IP ini kemudian dikenal dengan protocol suite.

Perlu kita ketahui perbedaan dari 2 istilah berikut ini :

* Standard TCP/IP adalah sistem yang terdiri dari aturan-aturan (rules) yang mendefinisikan komunikasi dalam jaringan TCP/IP.
* Implementasi TCP/IP adalah komponen perangkat lunak yang melaksanakan suatu fungsi yang memungkinkan sebuah komputer dapat ikut berpartisipasi dalam suatu jaringan TCP/IP.

Tujuan dari standard TCP/IP adalah untuk memastikan kecocokan dari semua implementasi TCP/IP terlepas dari versi dan vendor-nya.
Fitur-Fitur TCP/IP

TCP/IP menyertakan banyak fitur-fitur penting yang harus kita ketahui diantaranya :

* Logical addressing
* Routing
* Name service
* Error control dan flow control
* Application support

Logical Addressing

Network administrator seringkali melakukan segmentasi network (pembagi-bagian menjadi beberapa bagian yang lebih kecil) menggunakan sebuah perangkat seperti router untuk mengurangi padatnya trafik data dalam jaringan. Dalam sebuah routed networks seperti itu, administrator membutuhkan metode untuk membagi lagi jaringan menjadi bagian-bagian yang lebih kecil yang disebut subnetworks (subnet) dan menerapkan desain yang hirarkis sehingga data dapat mencapai tujuannya dengan efisien. TCP/IP menyediakan kemampuan subnetting ini melalui metode yang disebut logical addressing. Logical address adalah sebuah address (alamat komputer) yang dapat dikonfigurasi melalui software jaringan. Dalam TCP/IP, logical address dari suatu komputer disebut IP address. Setelah kita mempelajari “Internet Layer” dan “Subnetting” nanti kita akan tahu bahwa IP address dapat terdiri dari :

* Sebuah network ID yang mengidentifikasikan network
* Sebuah subnet ID yang mengidentifikasikan subnet dalam network.
* Sebuah host ID yang mengidentifikasikan komputer dalam sebuah subnet.

Dalam TCP/IP, logical address dapat diterjemahkan dari dan menjadi physical address dengan menggunakan protokol ARP dan RARP.
Routing

Router adalah perangkat khusus yang dapat membaca informasi logical address dan mem-forward data ke network yang dituju. Pada level sederhana, sebuah router memecah network yang besar menjadi beberapa subnet yang lebih kecil.

a-router-connecting-a-lan

Data yang ditujukan pada komputer atau perangkat lain dalam sebuah subnet lokal tidak perlu/akan melewati router dan karena itu tidak mengganggu jalur transmisi pada network lain. Jika data ditujukan pada komputer yang berada diluar subnet maka router akan mem-forward-kan data tersebut ke tujuan yang dimaksud.

a-routed-network
Name Resolution

Kita mungkin kesulitan mengingat address komputer apakah 111.121.131.146 ataukah 111.121.131.156. Karena itu, TCP/IP, menyediakan sistem penamaan yang bersesuaian dengan angka-angka logical address yang disebut domain name atau DNS name. pemetaan domain name ke IP Address ini disebut resolution. Sebuah server khusus yang disebut name server menyimpan table yang berisi cara untuk menerjemahkan domain name dari dan ke IP address.

Address komputer yang diasosiasikan dengan email atau World Wide Web diexpresikan sebagai sebuah nama, misalnya http://www.itb.ac.id atau google.co.id.

DNS adalah sistem name resolution untuk internet dan metode name resolution yang paling banyak digunakan. Tetapi, beberapa jaringan TCP/IP juga mendukung metode lain diantaranya Windows Internet Name Services (WINS) untuk menterjemahkan name Microsoft Windows NetBIOS ke IP addresses.
Error Control dan Flow Control

Adalah fitur-fitur protokol suite TCP/IP yang memastikan transfer data yang handal didalam network. Fitur-fitur ini menyertakan pengecekan data untuk error-error yang terjadi saat transmisi data dan juga konfirmasi data yang diterima dengan baik.
Application Support

Beberapa aplikasi jaringan bisa saja berjalan pada satu komputer yang sama. Protokol software harus menyediakan metode untuk menentukan paket data yang diterima ditujukan untuk aplikasi jaringan yang mana. Dalam TCP/IP, interface dari network ke aplikasi ini bisa ditempuh dengan sistem pen-channel-an secara logik yang disebut ports.

applications-access-the-n
Beberapa Organisasi Standard dan RFC

Berikut adalah beberapa organisasi yang berjasa dalam pengembangan TCP/IP dan internet:

* Internet Advisory Board (IAB)- Komite pemerintah yang menentukan kebijakan-kebijakan internet dan mengatur pengembangan selanjutnya dari standard TCP/IP.
* Internet Engineering Task Force (IETF)- Cabang IAB yang mempelajari dan mengatur isu-isu pengembangan.
* Internet Research Task Force (IRTF)- Cabang IAB yang mendanai riset-riset jangka panjang.
* Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN)- Sebuah organisi yang dibangun pada tahun 1998 yang mengatur pembagian IP address, domain names, dan parameter-parameter protokol secara global seperti nomor port. (www.icann.com).
* InterNIC- The Internet information service.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: